Skip navigation

Seolah mendapat konfirmasi dari buku New Trading Dimension dr Bill Williams, di sana ditulis bahwa ‘Honest Card’ itu adalah salah satu proses pendewasaan kita.. Yeah, akhir2 ini memang gw menyadari hal tersebut.. Bahwasanya kehidupan memang seolah (gw bingung mau kasih kata apa) ‘menekan’, ‘memaksa’, ‘mengalurkan’ dirinya agar kita makin jujur pada diri sendiri..

Yeah, karakter semua orang itu pada dasarnya adalah kebohongan.. Kita smua memiliki kebohongan pada diri sendiri, dengan jenis dan kadar yang berbeda.. Dan itu smualah penyebab masalah pada psikologis kita..

Dan begitu pun gw.. Alur kehidupan akhir2 ini seolah memaksa gw menerima semua kebohongan diri gw.. Bila gw merasa tertekan pada komentar seseorang, gw berusaha untuk calm down, dan gw berusaha untuk menerima hal tersebut, mungkin itu adalah resistensi diri gw.. Sebagaimana kata Tagore:

“Manusia membentengi diri, terhadap dirinya sendiri..”

Okeh, gw jg jadi terinspirasi dengan komik Vagabond nomor 31 yang baru gw beli.. Dikisahkan bahwa Miyamoto Musashi memiliki seorang sahabat dari kecilnya yg bernama Matahachi.. Berbeda dengan Musashi yang sangat pemberani, Matahachi ini hidup hanya sebagai pecundang..Hidupnya penuh dengan kebohongan..

Dan itu diketahui oleh ibunya, namun ibunya terus mendukungnya, karena ia merasa hanya dirinya lah yang berpihak padanya.. Ibunya berpura-pura mempercayai kebohongannya.. Dan hingga menjelang akhir hayatnya, Matahachi malu sekali menyadari bahwa ibunya hanya berpura2 tertawa.. (yah kalo diceritain lagi makin ribet dah)

Intinya ada suatu kejadian di mana ia hendak bunuh diri terjun ke jurang bersama ibunya.. Dan ibunya pun rela mati bersama anaknya tsb.. Namun sekali lagi, Matahachi merasa takut dan berteriak bahwa dia lemah sekali.. Dan ibunya yg tengah merenggang nyawa pun berkata padanya:

“Akhirnya kau jujur Matahachi.. Orang yg lemah adalah orang yg tidak mengakui kelemahannya.. Kau bukan orang lemah lagi.. Kau sudah mengambil langkah pertamamu untu berusaha menjadi kuat..”

Yupz, dengan itu teranglah bahwa kalimat lagu kesukaan gw, yg sering gw kutip di blog maupun notes gw,

“It takes more strength to cry, admit defeat..”

Leave a Reply

