Skip navigation

Persitegangan US dengan China kini mulai kembali hangat.. Setelah mengenai masalah Tibet dan Taiwan, kini US menuntut China agar menaikkan nilai mata uangnya Yuan terhadap US Dollar.. Semenjak pertengahan 2009, pemerintah China menetapkan nilai tukar yang fix terhadap USD.. Hal ini demi melindungi sektor ekspornya yang sedang dalam fase recovery dalam resesi global yang dimulai sejak 2007 lalu..

Dikatakan bahwa pemerintah US akan memberikan sangsi pada pemerintah China, yaitu berupa bea masuk, bila China terus menjalankan kebijakan yang tidak adil bagi perdagangan dunia atau dua negara tersebut..

***

Okeh, hal yg ingin gw bahas di sini adalah mengenai permasalahan negosiasi bilateral.. Hal yang sangat disayangkan dan silly sekali adalah, bahwa dalam sejarah dunia, US sudah sering kali bersitegang dan konflik dengan berbagai negara yang menjadi seterunya.. Namun hal itu tidak membuat mereka belajar bagaimana bernegosiasi dengan lebih baik dan konstruktif dengan negara lain..

US sebagai sebuah negara maju, tentunya memiliki banyak SDM yang bisa meneliti bagaimana caranya bernegosiasi dengan lebih baik.. Dan hal itu bisa diadopsi oleh para diplomat-diplomat mereka.. Namun sayangnya, ancaman berupa sangsi kepada China itu adalah menunjukkan ketidakdewasaan mereka dalam menghadapi konflik antar dua negara..

Gw menilai, ancaman tersebut sama sekali tidak efektif untuk membujuk China agar melepaskan kebijakannya.. Hal ini karena selain pemerintah China lebih concern pada warga negara nya, terutama yg berkecimpung dalam bidang ekspor, juga masalah harga diri bangsa China..

Di saat yang sekarang ini, perekonomian China sudah mampu melebihi US.. Di saat negara-negara besar di dunia sedang bersusah payah bangkit dari resesi global, namun negara China mampu terus melanjutkan pertumbuhan ekonominya.. Pasar saham di Shanghai adalah pasar pertama yg bullish pada pada maret 2009 lalu..

Dan lagi, kini negara yang membeli obligasi pemerintah US paling besar adalah China.. Yang jelas, bargain position dari pemerintah China pun cukup besar..

***

Kembali ke masalah negosiasi, mungkin keterampilan ini adalah hal yang esensial untuk dipelajari oleh setiap orang, bahkan institusi negara.. Kita bisa melihat bagaimana dampak negosiasi yang selalu gagal pada konflik Israel – Palestina.. Dan juga dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana kita bernegosiasi tentang masalah jual-beli.. Bahkan yang terkecil penentuan film apa yang akan ditonton dengan teman-teman..

Utk masalah negosiasi ini, gw mempunyai buku yang sangat bagus sekali yang membahas tentang masalah negosiasi.. Judulnya Getting to YES, yang ditulis oleh Roger Fischer dkk

Buku dari beliau membuka mata gw tentang bagaimana dunia bernegosiasi itu sebenarnya.. Di dalam buku ini dijelaskan tentang bagaimana perbedaan kepentingan (interest) itu justru adalah suatu keuntungan bagi kedua pihak..

Prinsip-prinsip negosiasi yang efektif itu secara garis besar terdiri dari empat poin:

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan masalah dari orangnya
    Hal ini jelas, agar negosiasi kemudian tidak menjadi emosionil dan buntu karena masing-masing pihak terluka harga dirinya
  2. Kedua adalah memusatkan pada kepentingan, bukan posisi
    Kata yg lebih baik mungkin adalah interest.. Yeah, dalam negosiasi yg efektif, kita tidak boleh bertahan kukuh pada posisi kita, melainkan mencoba mengidentifikasi kepentingan masing-masing pihak, sehingga bisa cari win-win sulution bersamanya..
  3. Dalam negosiasi hendaknya dijabarkan secara kreatif berbagai pilihan-pilihan yang mungkin untuk diambil bersama
  4. Dan terakhir adalah, negosiasi harus bertumpu pada standar yang objektif, yang netral dari interest masing-masing pihak

Dan bahkan dalam buku ini dijelaskan mengenai Jujitsu Negosiasi.. Teknik negosiasi dalma kondisi di mana bargain position kita dalam suatu negosiasi sangat kecil, atau pihak lain tidak mau bernegosiasi..

Okeh, akhir kata, setelah melihat sekilas dampak dari negosiasi yang buruk antar kedua negara, hendaknya kita bisa menyimpulkan bahwa betapa pentingnya skill bernegosiasi dalam kehidupan kita sehari-hari..

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: