Skip navigation

“After spending many years in Wall Street and after making and losing millions of dollars I want to tell you this: It never was my thinking that made the big money for me. It always was my sitting.” -Jesse Livermore

Beberapa waktu lalu gw disuruh menulis artikel tentang kursi kantor.. Alamak!! Kaget gw! Gw engga ada pengetahuan sm sekali tentang kursi kantor, bagaimana kursi kantor yang ergonomis, atau kriteria pemilihannya!!

Tapi akhirnya, setelah membaca-baca beberapa artikel english nya gw pun mulai menyadari betapa pentingnya bangku kerja itu.. Bahkan dapat dikatakan kursi kerja kita adalah sebuah investasi jangka panjang..

Mengapa gw sebut investasi jangka panjang?? Karena bila pekerjaan kita menghabiskan waktu di dalam ruangan, maka masalah kursi kerja ini sangatlah esensial dalam memberikan kenyamanan kerja, hingga akhirnya produktifitas dan efektifitas kita pun akan terbantu karenanya..

Sudah banyak orang2 yang mengalami keluhan pegal-pegal dan tegangnya otot punggung, leher, pinggang mereka, hanya karena mereka berada pada kursi yang tidak ergonomis..

***

Pengalaman gw kerja dulu sebagai asisten trader pun meng-amin-kan hal tersebut.. Betapa gw yg terus-menerus di depan monitor untuk memantau chart harga sepanjang malam, masalah kursi yang nyaman pun menjadi sangat esensial.. Dan bos gw pun menyadari arti penting kursi bagi seorang trader.. Beliau juga membeli kursi yang sangat nyaman dipakai, walau harus membayar biaya lebih..

Dan sesuai dengan quote di atas, khusus bagi seseorang yang berprofesi sebagai trader, Jesse Livermore, seorang legenda pasar saham, pun menyadari akan arti penting duduk saat trading.. Yeah, trading adalah sebuah bisnis yang paling membuat stres di dunia.. Dan masalah kenyamanan kerja mungkin akan turut menunjang banyak bagi kegiatan trading sehari-hari..

Dan untungnya saat ini, kebetulan nyokap gw beliin kursi yang sangat nyaman sekali digunakan untuk bekerja di depan laptop.. Yaa walau tidak seperti kursi ergonomis seperti yang di atas atau di bawah.. Tetap lumayan lah untuk sementara, daripada lumanyun! hihi..

***

Saat ini jenis-jenis kursi sudah banyak di pasaran, dan jenis desain nya pun makin bermacam-macam.. Mungkin karena sudah banyak orang yang menyadari akan arti penting sebuah kursi kerja dalam aktifitas kerja mereka..

Berikut beberapa tips duduk selama bekerja di kantor yang sempat gw baca di salah satu artikel:

  • Jangan terus-menerus duduk di kursi.. Beristirahatlah setiap jam..
  • Ubahlah posisi duduk secara periodik.. Berada dalam satu posisi dalam jangka waktu lama, tidak baik untuk kesehatan kita..
  • Duduklah tegak dan rileks tanpa ada senderan selama beberapa waktu
  • Bahkan saat duduk, lakukanlah suatu hal kecil.. Seperti mengambil kertas, handphone, dll
    dua tips kemudian murni dari gw, hihi
  • Bernafaslah secara teratur dan dalam, selamaduduk dan bekerja.. Hal ini berguna untuk mensuplai oksigen pada mata..
  • Jika perlu, pelajarilah yoga sederhana untuk merenggangkan otot

Okeh, demikian tulisan dari gw ini.. Semoga berguna bagi teman-teman semua ;)

One Comment

  1. Luar biasa sob tips na, tq


Leave a Reply

